Red Consulting

Financial Controller

Close
Jl. Ratna No.68 G, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80239
Mon - Fri : 09:00 - 17:00
Menerapkan & Menyusun laporan Keuangan kepada manajemen sesuai dengan PSAK yang berlaku. Berkolaborasi dalam penyusunan inisiatif strategi, target perusahaan dan penyusunan anggaran keuangan untuk mencapai efektifitas operasional.
Finance Controller

Bidang keuangan merupakan bidang yang paling penting pada suatu perusahaan. Monitoring dan evaluasi kinerja keuangan sangatlah diperlukan baik untuk tujuan internal maupun tujuan eksternal. 

  1. Bagi internal perusahaan, penilaian kinerja keuangan akan membantu menentukan langkah perusahaan selanjutnya. Pengelolaan perusahaan menjadi lebih mudah dilakukan karena perusahaan bisa menetapkan kebijakan berdasarkan data-data keuangan yang telah dievaluasi dari kinerja perusahaan.
  2. Bagi ekternal perusahaan, informasi tentang kinerja keuangan bermanfaat untuk mengetahui apakah investor akan mempertahankan investasi pada perusahaan tersebut atau mencari alternatif lain. Jika kinerja perusahaan baik akan membuat para investor melirik perusahaan tersebut untuk menanamkan modal sehingga terjadi kenaikan harga saham perusahaan.

Fungsi kontrol dalam sistem keuangan dapat dilakukan oleh Financial Controller. Kehadiran Financial Controller sangatlah penting dalam perusahaan karena memberikan kontribusi yang sangat kritis. Berikut ini peranan dan fungsi Financial Controller:

  1. Memastikan Sistem Akuntansi Perusahaan Berjalan Sesuai Standar

Seorang Financial Controller akan melakukan analisa dan interpretasi data-data informasi keuangan. Financial Controller akan memastikan berjalannya sistem akuntansi dan pencatatan atas setiap transaksi yang terjadi untuk dijadikan sebagai data perusahaan hingga terbentuk  laporan keuangan. Melalui laporan keuangan inilah nantinya pimpinan perusahaan dan investor akan mengetahui kondisi keuangan perusahaan, apakah operasional perusahaan yang dilakukan selama itu memberikan profit bagi perusahaan ataukah tidak.

  1. Berpartisipasi Dalam Penyusunan Anggaran

Financial Controller akan dilibatkan dalam proses penyusunan anggaran perusahaan. Segala perencanaan perusahaan yang berhubungan dengan uang tentu akan melibatkan peran Financial Controller. Hal ini berkaitan dengan adanya pengetahuan dan pemahaman  mengenai pembukuan perusahaan sehingga Financial Controller dinilai akan memberikan saran yang paling tepat dalam menyusun anggaran perusahaan.

Setelah anggaran perusahaan terbentuk dan disetujui oleh pemilik, maka Financial Controller akan mereview anggaran dan realisasi kinerja perusahaan secara berkala. Sehingga akan timbul suatu penilaian mengenai perbandingan antara hasil operasi dan kinerja terhadap anggaran.

Tentunya penyusunan anggaran perusahaan tidak hanya melibatkan seorang Financial Controller saja, namun melibatkan pula Kepala Bagian keuangan serta beberapa Kepala Bagian Divisi lainnya sehingga anggaran yang disusun bisa berguna bagi keseluruhan operasional perusahaan. Dalam hal ini seorang Financial Controller hanyalah bertindak untuk mengontrol realisasi kinerja perusahaan (terutama yang berkaitan dengan pengeluaran/pembelanjaan) agar tidak melebihi budget perusahaan.

  1. Evaluasi Kinerja Staf Accounting atau Keuangan

Peran lain dari Financial Controller adalah mengevaluasi kinerja staf bagian akuntansi perusahaan. Financial Controller memiliki peran untuk menjaga keahlian dan keterampilan staf akuntansi sehingga kinerja mereka bisa berjalan efektif dalam menjalankan prosedur keuangan dan menghasilkan suatu laporan keuangan.

  1. Mencegah Fraud dalam Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Fungsi lain Financial Controller adalah memastikan tidak adanya kecurangan dan pemalsuan di dalam sistem keuangan yang dapat merugikan perusahaan. Ada kalanya sistem keuangan yang kurang baik mengakibatkan kesulitan dalam memantau keuangan secara tepat. Situasi seperti ini bisa saja terjadi secara disengaja maupun tidak disengaja akibat keterbatasan pemahaman. Dengan adanya Financial Controller maka masalah ini dapat diminimalisasi karena Financial Controller akan memberikan saran dan rekomendasi  perbaikan bagi tata kelola keuangan perusahaan.

Dengan adanya fungsi-fungsi di atas, maka diharapkan sistem keuangan perusahaan bisa berjalan lebih efektif dan efisien dalam upaya mencapai tujuan perusahaan.

Layanan Financial Controller

Berbagai pilihan layanan Finance Controller yang bisa membantu meningkatkan efektivitas pengeluaran perusahaan Anda.
menyusun-anggaran-perusahaan.jpg
1

Menyusun Anggaran Perusahaan

Penyusunan anggaran perusahaandapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Penentuan Pedoman…

monitoring-anggaran-perusahaan.jpg
2

Monitoring Anggaran Perusahaan

Anggaran adalah sebuah rencana kerja yang dinyatakan secara kuantitatif dan diukur dalam satuan…